Tips Trading Saham Modal Dikit

Trading saham merupakan aktivitas yang dianggap investasi masa depan terbaik. Hal ini karena jumlah profit yang akan diperoleh bisa berlipat-lipat hingga dua atau tiga kali lipat dari modal.

Meski demikian cara main trading saham ini tidak semudah yang dipikirkan oleh semua orang. Karena banyak juga trader yang terjun di dunia saham dan yang dihasilkan bukan lagi profit tetapi kerugian besar.

Hal ini karena mereka tidak mengetahui cara bertrading yang benar dan menguntungkan. Untuk mengatasi hal tersebut, artikel ini akan menjelaskan terkait bagaimana cara menghasilkan cuan atau profit di saham.

Cara Main Trading Saham Khusus Pemula Dengan Modal Terbatas

Dalam bertrading saham, kamu tidak boleh asal membeli dan menjual aset tetapi perlu beberapa analisa. Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan dalam bertrading saham dan berikut ulasannya:

Gunakan Modal Kecil

Sebagai pemula, kamu bisa memulainya dengan menggunakan modal kecil dan sesuai kemampuan. Untuk nominalnya relatif dan tergantung dari kebutuhan dan kemampuan masing-masing trader. 

Ukuran dari modal tersebut adalah tidak sampai menggunakan uang dingin untuk bertrading.. Makna dari hal ini adalah uang yang digunakan bukan untuk kebutuhan sehari-hari tetapi dari tabungan atau sumber lainnya.

Terus Belajar Menganalisa

Kaitannya dengan modal kecil, kamu bisa menggunakannya untuk terus belajar menganalisa pergerakan saham. Proses ini memang tidak singkat dan butuh pemikiran yang matang serta akurasi analisa yang tajam.

Jika tidak demikian maka bukan lagi profit yang diperoleh tetapi kerugian yang sangat besar. Karena dalam proses belajar analisa ini maka sangat disarankan modal yang digunakan tidak terlalu besar. 

Memilih Pialang Terbaik

Pialang atau broker merupakan perusahaan tempat membeli dan menjual saham lokal atau internasional. Dalam memilihnya, kamu harus selektif karena kesalahan dalam hal ini bisa membuat uang hangus seketika.

Kamu bisa mencari review pengguna dari pialang tersebut kemudian lihatlah volume transaksinya. Semakin banyak volume transaksi semakin terperpercaya pula pialang tersebut dan layak untuk dipilih.

Selain dari volume transaksi, kamu juga perlu memikirkan terkait biaya atau fee dalam setiap jual dan beli saham. Hal ini sangat penting agar profit yang kamu dapatkan bisa maksimal dari setiap penjualan dan pembeliannya.

Pilih Saham Index LQ45

Sebagai pemula tentu belum sepenuhnya memahami jenis saham di bursa efek. Untuk itu, kamu bisa memilih jenis saham yang masuk di Index LQ45 agar lebih aman dan resikonya kecil.

Pilihan pada jenis tersebut karena turun atau naiknya tergolong stabil sehingga aman bagi psikis trader. Untuk jenis-jenisnya bermacam-macam dan salah satunya saham dari perbankan di Indonesia. 

Menentukan Tujuan Saat Bermain Saham

Dalam bertrading saham, kamu perlu menentukan apakah ingin jangka pendek atau panjang. Untuk jangka pendek tentu perlu memahami pergerakan candle yang ada di setiap saham bursa efek.

Untuk jangka pendek ini umumnya bisa dalam waktu beberapa jam atau hitungan harian. Jika untuk jangka panjang umumnya digunakan untuk investasi dan kebutuhan di masa yang akan datang. 

Jadi cara main trading saham memang sangat menguntung tetapi resikonya juga tinggi. Dengan demikian kesalahan dalam menganalisa bisa membuat kerugian besar dan hal ini bisa diatasi dengan menerapkan langkah diatas.

Jika berbagai cara ini diterapkan maka usaha untuk mendapatkan profit akan semakin besar. Jadi dalam bertrading perlu keseimbangan mengatur keuangan, psikologi dan teknik saat menjual dan membeli saham. 

About miko

Check Also

7 Tips Trading Saham Harian Bagi Pemula

Bagi Anda yang mencoba terjun menjadi seorang trader, maka sebelum melakukan trading saham harian Anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments

No comments to show.