Cara Mengetahui Pergerakan Bandar Saham dengan Mudah

pergerakan bandar saham

Akhir-akhir ini semakin banyak masyarakat Indonesia yang bermain saham sehingga tidak sedikit yang mencari tahu tentang cara mengetahui pergerakan bandar saham dengan cepat dan mudah. Apakah Anda ingin tahu cara mengetahui suatu saham sedang berada diakumulasi dengan big fund?

Cara Mengetahui Pergerakan Bandar Saham Dengan Cepat dan Mudah

Kira-kira strategi beli jual apa setelah Anda mengetahui adanya tanda akumulasi? Berikut ini dua cara mengetahui pergerakan bandar saham.

pergerakan bandar saham

Siklus Harga

Cara mengetahui pergerakan bandar saham yang pertama melalui siklus harga. Akumulasi merupakan fase saat pelaku pasar membeli ataupun mengumpulkan saham dalam rentang waktu tertentu secara berkala. Oleh sebab itu, ketika demand mulai meningkat, harga pun akan meningkat. Segala sesuatu dalam pasar secara teknis akan tergambar dalam pergerakan harga pada chart ataupun grafik. Berdasarkan chart tersebut diketahui bahwa para trader bisa melakukan analisis tanda akumulasi yang akan dan sedang terjadi.

Harga saham pun mulai bergerak dalam siklus berulang pada waktu-waktu tertentu. Ada empat siklus untuk mengetahui cara bandar melakukan akumulasi saham, contohnya siklus pertama di area akumulasi, siklus kedua di area partisipasi, siklus ketiga di area distribusi, dan siklus keempat di area kapitulasi.

Tanda dari terbentuknya siklus pertama maupun area akumulasi dengan tren harga dari saham yang bergerak dengan cara sideways bermula dari suatu downtrend pada siklus keempat. Saat sideways terjadi, tanda akumulasi muncul pada volume tinggi di tiap kenaikan harga.

Setelah hal tersebut, tanda akumulasi jadi semakin menarik apabila harga dapat di-breakout dari siklus sideways saat volumenya tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa harga saham mulai masuk di siklus kedua atau disebut area partisipasi. Jadi inilah cara mengetahui pergerakan bandar saham yang pertama.

Chart Pattern

Cara mengetahui pergerakan bandar saham yang kedua adalah chart pattern. Cara lainnya dari siklus dan trend harga yaitu tanda akumulasi melalui pola pergerakan harga atau disebut chart pattern. Artinya bentuk pola dari pembalikan arah akan menjadi naik dan sering muncul saat siklus akumulasi sedang berlangsung maupun dikonfirmasi dengan volume yang tinggi saat harga saham mulai breakout dari pola yang ada. Terdapat dua strategi beli yang dapat digunakan untuk pembelian, yaitu buy on weakness dan buy on breakout.

Cara simpel lainnya untuk mengetahui pergerakan bandar saham yaitu dengan frequency analyzer. Frequency analyzer yaitu indikator untuk dapat melihat order lot besar atau quick sell/buy. Hal ini merupakan sinyal adanya smart money yang sedang keluar maupun masuk.

Frequency analysis merupakan indikator untuk menganalisa suatu size lot order trading dari saham. Asumsinya adalah apabila lot order besar artinya saham tinggal sedikit pemainnya. Lot order yang besar biasanya tidak dapat terlihat di running trade. Ketika fase mark up atau naik, umumnya saham akan menjadi ramai, ordernya menjadi banyak dan sering terlihat di running trade sehingga ordernya hanya sedikit.

Carilah saham yang harganya flat, tetapi ada juga order dengan lot besar. Kalau harga sedang tinggi, lalu lot besar muncul, artinya terdapat aksi jual atau quick sell. Oleh karena itu, perhatikan trend harga yang ada. Jadi inilah cara mengetahui pergerakan bandar saham yang kedua.

Demikianlah penjelasan singkat tentang cara mengetahui pergerakan bandar saham. Ada dua cara yang umum dipakai, yaitu melalui siklus harga dan chart pattern. Anda yang sedang ‘bermain’ dengan saham wajib mengetahui cara mengetahui pergerakan bandar saham ini agar Anda tidak tertinggal maupun mengalami kerugian yang tidak perlu. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *